cover
Contact Name
Renaningsih
Contact Email
ren186@ums.ac.id
Phone
+6285713971227
Journal Mail Official
dintek_sipil@ums.ac.id
Editorial Address
Gedung Induk Siti Walidah lt. 5, Pabelan, Kartasura, Kab. Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, 57169
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Dinamika Teknik Sipil
ISSN : 14118904     EISSN : 28282876     DOI : 10.23917/dts
Core Subject : Engineering,
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil is a journal managed by Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta. It focuses on the dissemination of conceptual ideas, design, analysis, and application of civil engineering in the development of sustainable infrastructure which will give a real contribution to solve the real-world problems, particularly problems regarding infrastructures and disasters.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 15/No.1/Juli 2022" : 7 Documents clear
Eksplorasi Pemodelan Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang Menggunakan Software Autodesk Revit Sukma Sandhy Pratiwi; Agung Budi Wirawan
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.1/Juli 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.981 KB) | DOI: 10.23917/dts.v1i1.17857

Abstract

BIM (Building Information Modelling) sebagai sebuah teknologi yang mencakup informasi penting dalam pemodelan sebuah bangunan secara terintegrasi yang dapat mengefisienkan sebuah proyek konstruksi. Untuk mendukung peningkatan daya saing infrastruktur di Indonesia, metode BIM harus diaplikasikan pada sektor-sektor konstruksi. Sehingga dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan software Autodesk Revit pada salah satu gedung di Universitas Negeri Semarang yaitu Gedung Dekanat Fakultas Teknik dengan menggunakan metode eksploratif. Hasil dari penelitian ini antara lain tahapan pemodelan Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang dilakukan pemodelan structural, architectural, MEP, dan perhitungan volume beton struktur. Serta terdapat kesulitan antara lain family belum lengkap, ketidaksesuaian warna material saat berada di dalam family dan saat di load ke project, dan tidak bisa melakukan fitur join secara otomatis, kemudahan yang didapat yaitu tidak diperlukan koneksi internet, dapat melakukan import file, bebas dalam membuat family, dapat melakukan render, proses revisi yang mudah, tools yang lengkap, dapat membuka layout 2D dan 3D secara bersamaan. Secara umum, revit memiliki kekurangan dengan spesifikasi hardware yang tinggi dan ketergantungan pada plug in, tetapi revit juga memiliki kelebihan antara lain kemudahan koordinasi antar stakeholder, dilengkapi interference check, serta penghematan biaya dan sumber daya manusia.
Pengaruh Variasi Campuran Serat Bambu Pada Kuat Tekan Beton Serat Della Dwi Lestari
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.1/Juli 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.077 KB) | DOI: 10.23917/dts.v1i1.17027

Abstract

Beton merupakan salah satu material utama dalam konstruksi suatu bangunan. Penelitian tentang beton telah dilakukan sejak lama. Berbagai penelitian tentang beton, baik bahan, bahan, aditif dan lain-lain telah banyak dilakukan oleh para ahli. Penelitian berlanjut hingga hari ini. Tujuan dari semua ini adalah untuk membuat beton semakin berkualitas baik. Beton memiliki banyak bentuk transformasi, salah satunya adalah bentuk modifikasi campuran beton yaitu beton serat. Suplementasi dengan serat alam (natural fiber) khususnya serat bambu menjadi pilihan karena merupakan produk alam yang mudah tumbuh dan ketersediaannya melimpah di pulau Kalimantan. Pada penelitian ini ditambahkan serat bambu pada campuran konvensional fc` 20 MPa dengan variasi 0% (beton), 1%, 1,5%, 2% dan 2,5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuat tekan beton bertulang serat yang dapat diperoleh dengan penambahan serat bambu. Hasil penelitian menunjukkan kuat tekan pada umur 28 hari pada 0% (beton normal) adalah 25,24 MPa, 1% adalah 28,01 MPa, 1,5% adalah 18,77 MPa, 2% adalah 22,78 MPa dan 2,5% adalah 21,52 MPa. Dapat disimpulkan bahwa penambahan serat bambu 1% merupakan penambahan terbaik yang dapat meningkatkan nilai kuat tekan beton bahkan lebih dari nilai normal beton. 
Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Parkir Kendaraan Pada Rumah Sakit Karima Utama Surakarta Gotot Slamet Mulyono; Dwi Eko Saputra; Ika Setiyaningsih
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.1/Juli 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.405 KB) | DOI: 10.23917/dts.v1i1.18440

Abstract

Rumah Sakit Karima Utama Surakarta adalah Rumah Sakit Khusus Bedah yang termasuk dalam Rumah Sakit dengan Tipe C untuk melayani kebutuhan medis masyarakat setempat. Fasilitas tersebut harus  memiliki fasilitas parkir yang cukup luas. Karena rumah sakit umumnya memiliki tempat parkir yang terbatas, sebagian bahu jalan diubah menjadi tempat parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik parkir dan perlu diperhatikan dalam pengelolaan ruang parkir. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa waktu masuk/keluar masing-masing kendaraan, diperoleh dalam format tabel dari server parkir rumah sakit mulai pukul 07.00 sd 19 18 dan  20 Januari 2020, 12 jam sehari. 00 WIB. Analisis didasarkan pada pedoman Direktur Perhubungan Darat 1998, termasuk akumulasi tempat parkir, pengindeksan tempat parkir, jam parkir, volume tempat parkir, roaming tempat parkir, dan permintaan tempat parkir. Menurut analisis hari Senin, kumulatif harian tertinggi adalah 132/15 menit dengan mobil dan 253/15 menit dengan sepeda motor. Rata-rata jumlah mobil per hari adalah 239/12 jam dengan mobil dan 540,5/12 jam dengan sepeda motor.. Indeks parkir tertinggi mobil penumpang sebesar 110.00% dan sepeda motor 110,48% dengan rata rata durasi  parkir harian untuk mobil penumpang adalah 197,86 menit dan untuk sepeda motor 156,84 menit. Tingkat turnover parkir mobil penumpang dan sepeda motor  tertinggi terjadi sebesar 2,45 dan sepeda motor sebesar 3,14.
Tinjauan Kuat Dukung Tanah Lempung Bayat – Klaten dengan Bahan Stabilisasi Slag Baja Agus Susanto; Krisindo Monico; Renaningsih Renaningsih
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.1/Juli 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.929 KB) | DOI: 10.23917/dts.v1i1.18530

Abstract

Berdasarkan penelitian tanah dari Desa Talang Kidul, Kecamatan Bayat, Klaten merupakan tanah lempung dengan nilai plastisitas yang tinggi dikarenakan nilai PI nya 17 %. Perbaikan dilakukan dengan bahan tambah slag baja. Penambahan campuran slag baja dengan persentase 0%,5%,10%, dan 15%, dan adanya variasi ukuran butiran slag baja lolos saringan No.4 dan No.40 bertujuan untuk mengetahui sifat fisis dan mekanisnya. Hasil pengujian mekanis diperoleh Nilai berat volume kering maksimum terbesar pada penambahan 15% No.40 sebesar 1,57 gr/cm3, sedangkan berat volume kering maksimum tanah campuran slag baja terkecil pada panambahan 5% No.4 yaitu 1,41 gr/cm. Nilai kadar air optimum paling besar didapat 21% pada slag baja 5% No.4, sedangkan nilai kadar air optimum paling kecil didapat pada slag baja 15% No.40 sebesar 19%. Semakin kecil ukuran slag baja, nilai berat volume kering maksimum mengalami peningkatan dan nilai kadar air optimumnya mengalami penurunan. Semakin kecil ukuran slag baja menyebakan nilai CBR semakin meningkat. Dan untuk pengujian nilai pengembangan tanah (swelling) pada tanah asli sebesar 1,53. Penambahan campuran slag baja No.4 dan No.40 menyebabkan nilai pengembangan (swelling) mengalami penurunan. Hasil dari nilai pengembangan yang terendah pada slag baja 15% No.40 sebesar 1,20 %. Semakin kecil ukuran butiran slag baja, semakin kecil nilai pengembangan (swelling).
Perbandingan Antara Metode USLE dan MUSLE Dalam Analisis Erosi Lahan Pada Daerah Tangkapan Air Waduk Cengklik Jaji Abdurrosyid; Krisna Dwi Aji Saputra
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.1/Juli 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1346.665 KB) | DOI: 10.23917/dts.v1i1.18531

Abstract

Waduk Cengklik adalah waduk yang terletak di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Waduk Cengklik sendiri memiliki fungsi utama sebagai pemasok air irigasi pada 3 kecamatan yaitu Sambi, Ngemplak, dan Nogosari. Oleh karena setiap tahunnya waduk cengklik mengalami penurunan tampungan air menyebabkan kurangnya pasokan air ke pertanian di 3 kecamatan terutama saat musim kemarau. Hal ini disebabkan oleh besarnya laju sedimentasi yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung laju sedimentasinya yang nantinya bisa dilakukan penangan agar sedimentasi di waduk bisa berkurang dan tampungan air pada waduk tidak berkurang. Prediksi erosi dan laju sedimentasi pada penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu USLE (Universal Soil Loss Equation)  dan MUSLE (Modified Universal Soil Loss Equation). Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai faktor erosifitas hujan (R) dari tahun 2010-2019, faktor erodibilitas tanah (K) sebesar 0,23, faktor panjang dan kemiringan lereng (LS) sebesar 0,4, faktor tanaman penutup lahan dan faktor tindakan konservasi (CP) sebesar 0,491 sehingga didapatkan besar erosi dan laju sedimentasi menggunakan Metode USLE sebesar 66,698 ton/ha/tahun dan 14,653 ton/ha/tahun. Lalu diperoleh nilai debit banjir maksimum (QP), volume aliran permukaan (VQ) dan limpasan permukaan (R) tahun 2010-2019 sehingga erosi dan laju sedimentasi menggunakan Metode MUSLE sebesar 35,106 ton/ha/tahun dan 7,713 ton/ha/tahun. Kemudian didapatkan rasio pembadingan antara Metode USLE dan MUSLE sebesar 1,90 : 1,00.
Pemanfaatan Limbah Plastik dengan Teknologi Daur Ulang pada Hot Rolled Asphalt Ditinjau dari Aspek Properties Marshall, Nilai Ketidakrataan, dan Durabilitas Agus Riyanto; Yan Pramesti
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.1/Juli 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.369 KB) | DOI: 10.23917/dts.v1i1.18088

Abstract

Hot Rolled Asphalt (HRA) merupakan campuran aspal – agregat bergradasi senjang yang memiliki workablitas tinggi sehingga mudah dalam pengerjaannya. Penelitian ini menggunakan aditif limbah plastik jenis PET (Polietilena Tereftalat) sebagai aditif. Tujuan penelitian ini untuk mencari nilai KPO (Kadar Plastik Optimal), Properties Marshall, Nilai Ketidakrataan, dan Durabilitas campuran. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer merupakan hasil dari pengujian ekstraksi, aspal, dan agregat oleh peneliti, sedangkan data sekunder didapatkan dari BPPJN VII, 2020. Membuat benda uji dengan kadar aspal 7%, 8%, dan 9% masing-masing 2 sampel untuk mendapatkan nilai Kadar Aspal Optimum (KAO). Dilanjutkan membuat benda uji dengan penambahan limbah plastik dengan kadar 0%, 2%, 4%, dan 6% terhadap nilai KAO masing-masing 2 sampel untuk mencari nilai Kadar Plastik Optimum (KPO). Dilakukan pengujian volumetric, uji Marshall test untuk mendapatkan nilai KPO, dilanjutkan membuat benda uji untuk mencari nilai ketidakrataan dan durabilitas campuran. Hasil penelitian dengan penambahan limbah plastik pada campuran didapatkan KPO sebesar 4,7% dengan Stabilitas 2133,67 kg, flow 3,67 mm, VFWA 83,48 %, VMA 21,13 %, VIM 3,49 %, dan MQ 499,76 kg/mm. Didapatkan nilai ketidakrataan sebesar 1,692 m/km sehingga menurut indikator kondisi perkerasan jalan benda uji termasuk dalam kondisi baik. Penambahan limbah plastik meningkatkan nilai Indeks Kekuatan Sisa (IKS) sebesar 91,60% dengan spesifikasi IKS yaitu 80% dari nilai stabilitas normal sehingga campuran dinyatakan durabel. Hasil penelitian ini, campuran HRA dengan penambahan limbah plastik dapat meningkatkan kekuatan dan mengurangi nilai ketidakrataan pada lapis perkerasan, serta mengurangi jumlah limbah plastik yang ada di Indonesia.
Perencanaan Fondasi Tiang Pancang Pada Gedung Perkuliahan Universitas Slamet Riyadi (Variasi Diameter Tiang Pancang) Qunik Wiqoyah; Iwan Setyo Nugroho
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.1/Juli 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.428 KB) | DOI: 10.23917/dts.v1i1.18525

Abstract

Uji sondir dilakukan pada 3 titik di lokasi pembangunan Gedung perkuliahan Universitas Slamet Riyadi. Didapatkan bahwa tanah keras terletak pada kedalaman 4,4 m dari permukan tanah. Berdasarkan hasil uji sondir tersebut maka jenis fondasi yang digunakan dalam perencanaan ini adalah pondasi tiang pancang beton dengan 3 jenis variasi diameter yaitu dengan diameter 0,3; 0,4; 0,5 m dengan kedalaman tiang 4 m. Tujuan dari perencanaan ini adalah menentukan beban struktur yang diterima oleh fondasi, mendesain jumlah tiang pancang yang dibutuhkan, mendesain penulangan pada Pile Cap serta penulangan tiang pancang. Perencanaan diawali dengan menentukan beban struktur yang diterima oleh fondasi, mendesain jumlah tiang pancang yang dibutuhkan, mendesain penulangan pada Pile Cap serta penulangan tiang pancang. Hasil perhitungan kapasiktas dukung tiang pancang mengunakan metode Meyerhof pada tanah pasir dan metode deRuiter dan Beringen pada tanah lempung didapatkan hasil sebagai berikut : untuk tiang diameter 0,3 m sebesar 534,856 kN, diameter 0,4 m sebesar 780,257 kN, diameter 0,5 m sebesar 827,689 kN. Perhitungan beban struktur atas didapatkan nilai beban aksial kolom terbesar 2293,510 kN. Jumlah tiang pancang yang dibutuhkan diameter 0,3 m jumlahnya 6 tiang, diameter 0,4 dan 0,5 m sebanyak 4 tiang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7